Rekomendasi Perawatan dan Jual Baju Tidur Bayi Nyaman untuk Bayi Baru Lahir

Hasil gambar untuk baju tidur bayi blibli.com

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang cenderung sangat sensitif. Hal ini juga kerap menjadikan kerepotan tersendiri bagi setiap orang tua mengingat kulit yang sensitif juga butuh perawatan ekstra. Salah satu perawatan untuk kulit sensitif nya adalah dengan memilihkan pakaian yang tepat. Kini sudah banyak toko yang jual baju tidur bayi, namun Anda harus lebih cermat dalam pemilihannya mulai dari ukuran, bahan hingga tingkat kelembutannya karena bisa mempengaruhi kulit sensitif si kecil.

Kulit bayi yang mengelupas, kering dan lecet akan sangat mudah terjadi di awal masa kelahiran si kecil. Untuk itu, setiap orang tua harus bisa memberikan perawatan yang ekstra. Berikut ini beberapa cara merawat kulit sensitif bayi yang baru lahir:

  • Hindari terlalu sering memandikan si kecil

Di masa baru lahir, bayi umumnya tidak terlalu kotor sehingga Anda tidak perlu bingung selalu memandikannya. Selain itu, jika terus menerus bersentuhan dengan air maka justru akan mengikis kadar minyak alami di tubuh bayi sehingga kulitnya akan kering, mengelupas dan iritasi. Untuk itu, Anda bisa memandikannya cukup 2 sampai 3 kali per minggunya.

  • Lindungi dari sengatan matahari

Untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan, sangat disarankan agar tidak terkena sinar matahari langsung, terutama pada jam 10 hingga 4 sore. Apabila memang terpaksa terkena sinar matahari, maka bisa lindungi dengan krim tabir surya.

  • Rawat bagian kulit kepala

Di bagian kulit kepala bayi umumnya akan terlihat kering dan banyak ketombe, bahkan ada juga bayi yang kepalanya penuh bercak kulit keras seperti sisik tebal. Kondisi ini pada dasarnya wajar, namun untuk perawatannya ada baiknya agar mencuci rambut setiap hari menggunakan sampo bayi lembut. Bantulah pengikisan dengan memijat kepalanya secara lembut agar sisik bisa rontok.

  • Lembab kan kulit

Mengoleskan pelembab yang bebas parfum akan bisa membantu kulitnya lebih lembab. Anda bisa mengoleskan pelembab setelah bayi mandi. Direkomendasikan untuk memilih pelembab krim dibanding bentuk lotion.

  • Dalam kondisi seperti ini, bayi butuh baju dengan bahan yang sangat lembut. Terlebih karena sebagian aktivitasnya hanya tidur, maka baju tidur yang tepat pun bisa mendukung pulihnya kulit bayi.

Anda bisa memilih baju tidur di toko yang jual baju tidur bayi dengan bahan lembut dan mudah menyerap keringat. Jangan lupa untuk mencucinya dengan deterjen yang lembut misalnya deterjen cair sehingga iritasi di kulit bayi bisa diminimalisir. Pada dasarnya pengelupasan seperti ini adalah hal wajar dalam usia si kecil yang baru lahir. Nantinya ketika usianya sudah menginjak beberapa minggu, maka perlahan kulitnya akan mulai membaik dan lembut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *